Friday, March 27, 2015

Mengajar paud Bougenville - Pertemuan pertama.

Community Program






Nama/No.absen: Dewi Inda Yana/20
NIM: 1801383801
Hari, tanggal: Jum'at, 27 Maret 2015
Waktu: 09.30 - 11.30
Lokasi: Paud Bougenville, Kemanggisan.

Kegiatan yang dilakukan :

          Jum'at, 27 Maret 2015 kami dari kelompok 3 melakukan proses pembelajaran untuk anak - anak paud Bougenville untuk pertama kalinya. Awalnya kami mendapatkan anak - anak dari shift pertama (7.30 - 9.30) untuk kami ajarkan, namun karena ada kesalahan komunikasi, kami menjadi bentrok dengan kelompok lain yang kebetulan juga mengambil shift pertama. Lalu, kami memberikan shift pertama kepada kelompok lain kemudian kami memulai pengajaran kami dengan anak - anak dari shift kedua (9.30 - 11.30).


Kegiatan mengajarkan gambar.


          Karena ini adalah pertemuan pertama kami dengan anak - anak paud Bougenville, kami harus memperkenalkan diri terlebihdahulu kepada anak - anak tersebut. Setelah memperkenalkan diri, kami memulai pengajaran yaitu tentang gambar - gambar yang telah diberikan kepada kami. Kami menanyakan nama dari barang tersebut, kegunaannya dan lain - lain. Anak - anak tersebut sangat antusias menjawab semua pertanyaan kami, walaupun sebagian dari mereka menjawabnya sedikit melenceng dan belum tepat, namun mereka sangat bersemangat saat belajar.


Kegiatan mengajarkan gambar.


         Kegiatan selanjutnya yang kami lakukan adalah kami mengajarkan bagaimana cara menulis dan juga mewarnai. Banyak dari mereka yang masih belajar menulis dan belum rapih, namun mereka terlihat senang saat mengerjakan hal - hal tersebut. Setelah kami mengajarkan mereka beberapa hal, tidak terasa sudah saatnya pulang. Kami pun berpamitan dengan guru - guru dari paud Bougenville dan kami akan senang hati mengajarkan mereka lagi dipertemuan selanjutnya.


Kegiatan mengajarkan menulis dan mewarnai.



Pengalaman / Pembelajaran :

          Pengalaman yang saya dapatkan adalah kegiatan ini membuat saya menjadi lebih mengerti bagaimana pentingnya pendidikan dari kecil, karena dengan diberikannya pendidikan dan tata krama mereka jadi mengetahui bagaimana yang baik dan bagaimana yang buruk. Mereka juga menjadi lebih paham dengan pelajaran yang diberikan dan lebih luas mengetahui hal - hal yang mereka belum ketahui.

Nilai Pancasila :

          Nilai pancasila yang saya dapatkan adalah sila pertama yaitu keTuhanan Yang Maha Esa, melalui doa dan juga pelajaran agama yang mereka dapatkan dari paud mereka, yang tentunya sangat bagus untuk mereka. Dan juga sila kelima, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, keadilan dalam mendapatkan ilmu yang seharusnya mereka dapatkan dan juga mereka diajarkan adil dengan sesama.


No comments:

Post a Comment