Wednesday, April 1, 2015

Mengajar paud Bougenville - Pertemuan Kedua.

Community Program





Nama/No.absen : Dewi Inda Yana/20
NIM : 1801383801
Hari, tanggal : Rabu, 01 April 2015
Waktu : 7.30 - 9.00
Lokasi : Paud Bougenville, Kemanggisan.

Kegiatan yang dilakukan :

          Hari ini adalah pertemuan kedua kami dengan anak - anak dari paud Bougenville. Kami mendapatkan shift pertama yaitu jam 7.30 - 9.00, kami pun datang sesuai waktu yang telah ditentukan. Namun, ternyata bukan hanya kelompok kami saja yang datang untuk pengajaran, ada pula kelompok lain yang datang juga dan hampir saja bentrok jadwal. Kami pun memulai pengajaran kami dengan materi yang telah kami buat untuk anak - anak paud Bougenville. Tema materi kali ini adalah tentang pekerjaan.

Materi - materi yang diberikan untuk paud Bougenville.

          Setelah kami memberikan pertanyaan - pertanyaan tentang pekerjaan yang ada digambar tersebut, kami pun memberikan mereka gambar - gambar untuk mereka warnai dan mereka tebalkan tulisan dari nama pekerjaan tersebut. Karena kami ada 8 orang dikelompok kami, kami membagi tugas untuk mengajarkan masing - masing 1 anak. Kami mulai mengajarkan mereka mewarnai, mereka pun sangat antusias mewarnai gambar - gambar yang kami berikan. Setelah gambar - gambar tersebut sudah diwarnai, gambar - gambar tersebut dikumpulkan kepada guru paud tersebut.

         

Kegiatan memperkenalkan gambar pekerjaan.

Situasi paud saat pengajaran dilakukan.

          Setelah pengajaran selesai, sudah saatnya untuk anak - anak dari paud untuk pulang, mereka pun bernyanyi terlebih dahulu lalu mereka berdoa bersama - sama. Lalu, kami pun berpamitan dengan guru - guru di paud Bougenville dan membuat perjanjian pengajaran lagi untuk minggu depan.

Pengalaman / Pembelajaran :

          Pengalaman yang saya dapatkan hari ini adalah pentingnya mengetahui pekerjaan - pekerjaan yang ada, karena dengan mengetahui hal tersebut, anak - anak tersebut dapat mengetahui apa yang ingin mereka lakukan / capai pada masa depan nantinya. Dan juga, saya belajar bahwa mewarnai dapat meningkatkan kreatifitas anak lebih lagi, dengan bagaimana cara mereka mewarnai dan juga bagaimana mereka memilih warna untuk gambar - gambar tersebut.

Nilai Pancasila :

          Sama seperti post saya sebelumnya, nilai Pancasila yang saya dapatkan adalah KeTuhanan Yang Maha Esa, karena mereka memulai dan mengakhiri pembelajaran dengan doa bersama - sama dan juga keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, keadilan dalam menimba ilmu dan juga mendapatkan hak mereka (diberikan pengajaran yang sesuai).







No comments:

Post a Comment